Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri dan penyebab pulastor mesin cuci rusak

penyebab pulsator mesin cuci rusak,cara mengatasi pulsator mesin cuci rusak
pulsator mesin cuci 


Salah satu kerusakan pada mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung adalah rusaknya pulsator nya. pulastor pada mesin cuci berfungsi sebagai pemutar atau pengucek pakaian yang ada di dalam mesin cuci. Pulsator di mesin cuci mempunyai gerigi yang terhubung pada gear box. setiap merk mesin cuci 1 tabung ataupun 2 tabung mempunyai pulsator yang berbeda - beda tergantung dari kapasitas mesin cuci tersebut.

Ciri - ciri pulsator mesin cuci rusak

ciri pulsator mesin cuci rusak ditandai dengan tidak berputarnya cucian ketika perintah washing atau mencuci dilakukan begitu juga ketika kita menambahkan beban seperti pakaian, mesin cuci tidak berputar namun ketika tidak ada beban, mesin cuci berputar. selain itu juga di tandai dengan suara kasar ketika proses mencuci.

Penyebab pulsator mesin cuci rusak

Kerusakan pulsator bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu beban yang berlebihan di mesin cuci yang tidak sesuai selain itu umur dari mesin cuci tersebut. karena pulastor di lengkapi oleh gerigi yang apabila dipakai terus menerus maka gerigi tersebut lama - kelamaan akan menjadi aus/halus sehingga tidak dapat mengunci as di gearbox.

Cara memperbaiki pulsator yang tidak berputar  

Ausnya gerigi di pulastor dapat dilihat dari tanda - tanda tidak berputarnya pulsator sedangkan dinamo dan gearbox berputar normal. berikut ini cara mengganti pulsator yang rusak 

1. buka baut yang ada di tengah pulsator mesin cuci biasanya terletah tersembunyi di dalam penutup tengah pulsator

2. setelah baut terlepas, angkat pulsator perlahan dengan menggoyangkan ke kanan dan kiri.

3. setelah pulsator terangkat perhatikan gerigi yang ada di tengah pulsator apabila sudah halus bisa langsung menggantinya. agar lebih simple kalian bisa mengganti 1 set dengan pulsatornya karena biasanya untuk mencabut gerigi di pulsator agak susah jika sudah menempel sekali.

sekian artikel tentang penyebab pulsator mesin cuci tidak berputar atau rusak dan bagaimana cara mengganti pulsator mesin cuci yang tidak berputar. semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ciri dan penyebab pulastor mesin cuci rusak"

close