Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tabel ukuran ampere AC split

tabel ukuran ampere kompresor ac split


Ampere pada kompresor ac adalah nilai kekuatan dari kompresor tersebut. apabila ampere kompresor melebihi batas maksimal yang sesuai pada name plate maka kompresor akan mengalami overheating/panas


Pada saat selesai melakukan perawatan AC, maka hal yang kita lakukan selanjutnya adalah mengecek keadaan tekanan dan currency (ampere) pada unit AC. Apakah sesuai dengan standar atau kurang. Kami akan berbagi cara mengeceknya.


Peralatan yang dibutuhkan

  • Manifold (alat ukur tekanan)
  • Kunci inggris 10" dan 12" masing2 satu buah.
  • Kunci pas ukuran 8, 12 dan 13.
  • tang Amper / clamp meter
  • Obeng set (screwdriver set)


Cara Cek Ampere Kompresor AC


Langkah kerja

Nyalakan unit AC (setelah dirawat)


Buka penutup power supply outdoor unit pasangkan tang ampere pada salah satu kabel power (kabel yang bermuatan listrik). check kondisi Ampere meter (currency) sesuai dengan yang tertera di name plate


Standar umum ukuran Ampere (currency). Untuk 0,5PK  +  2,2A, untuk  3/4PK + 3,2A, untuk  1PK + 4,2 - 4,3A,  untuk  1,5PK + 5,8 - 6A,  untuk  2PK + 10A.


Buka penutup service valve pada pipa besar dengan menggunakan kunci inggris atau kunci pas


Pasang selang manifold (low preassure) warna biru pada service valve (posisi sebelah kiri pada manifold anda)  Usahakan kran manifold pada posisi tertutup semua


Buka kran pada selang biru lalu check tekanan freon AC.


Standar tekanan refrigrant. Dari temperature evaporasi tersebut bisa dikonversi ke tekanan kerja: Untuk R-22: (0 derajat C =3.97bar s/d 10 derajat C = 5.8bar). Jadi rangenya dari 3.97 s/d 5.8bar atau dalam satuan psig = 57.6 s/d 84.1psig. Pada 57.6 psig saat beban terendah dan 84.1 psig saat beban puncak.


Setelah semuanya sesuai dengan standar,buka dan lepas selang manifold pada Unit AC, tutup kembali penutup valve.


Lepaskan tang ampere dari kabel dan tutup kembali penutup power supply


Perlu Anda Perhatikan


Gunakan selalu pengaman (Helm dan Safety belt) bila anda berhubungan dengan resiko ketinggian.


Hati-hati dalam berhubungan dengan listrik


Gunakan sarung tangan karet dan alas kaki


Gunakan selalu prosedur yang tertera pada pada name plate pada out door AC


Lakukan pengisian freon jika tekanan dibawah standard. Jika tekanan 57.6 kebawah maka di evaporator akan terjadi frost (bunga es) yg terjadi akibat uap air di udara membeku pada pipa2 di evaporator atau di bagian yg tekanannya dibawah 57.6psig. Jika es yg semakin menebal kemudian menghambat aliran udara, pada akhirnya refrigerant cair yg tdk berevaporasi di evaporator kemudian masuk ke jalur pipa suction dan bisa sampai ke kompresor.


Untuk pengisian freon anda dapat lihat di Cara Menambah Freon Pada AC Split


Jika tekanan terlalu tinggi di atas 84.1 psig, sistem bekerja ekstra yg bisa menyebabkan overload. Kalaupun tidak terjadi overload, umur kompressor tdk bisa bertahan lama dan konsumsi arus listrik menjadi lebih boros. Penyebabnya biasanya kapasitas unit pendingin lebih kecil dari beban pendinginan, atau bisa juga sistem mengalami overcharge. maka suhu pendinginan yang dihasilkan tidak maksimal.


Jika tekanan freon dan ampere (currency) tidak cocok maka perlu dilakukan perbaikan.


Posting Komentar untuk "tabel ukuran ampere AC split"

close