Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab ac sanken E3

hallo sobat pembaca artikel kali ini saya ingin membahas kerusakan ac sanken yang error E3 pada displaynya. perlu diketahui kode error pada ac merupakan sistem pendeteksian apabila ada bagian atau part pada unit ac yang bekerja tidak normal



Masing - masing merk ac mempunyai kode error yang berbeda - beda walaupun tulisannya itu sama seperti contoh ac sanken error E3

Penyebab ac sanken error E3

pada buku petunjuk error E3 di ac sanken ini menunjukan bahwa kecepatan kipas tidak terkontrol. hal ini berarti ada trouble pada motorfan indoornya. kerusakan pada motorfan indoor seperti motorfan tidak berputar, motorfan indoor macet atau bahkan motorfan indoor mati. pada motorfan indoor terdapat sensor kecepatan yang terhubung pada PCB atau modul ac, apabila PCB ini tidak mendeteksi adanya gerakan atau putaran motorfan indoor maka ac akan melakukan proteksi dengan menampilkan kode error E3

Cara mengatasi kode error E3 ac sanken

untuk mengatasi kode error E3 ini sebetulnya perlu dilakukan pengecekan oleh teknisi ac agar lebih pasti tahu kerusakannya dan karena motorfan ini terhubung arus listrik maka perlu kehati - hatian dalam melakukan pengecekannya.

namun ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya tapi ini hanya bersifat sementara dan harus segera dilakukan perbaikan.

1. nyalakan unit ac anda 

2. perhatikan blower yang ada di indoor ac apakah ketika ac hidup blower berputar 

3. jika blower indoor tersebut seperti kesulitan berputar coba dibantu dengan tangan dari bawah untuk membantu putaran blower. jika blower berhasil berputar biasanya kode E3 ini akan hilang tapi seperti yang disebutkan diatas cara ini hanya bersifat sementara dan perlu dilakukan perbaikan.

cara diatas hanya bisa dilakukan apabila motorfan yang berputar pelan atau agak macet. apabila sudah dibantu tangan motorfan indoor tersebut tidak berputar maka harus ada pengecekan lebih lanjut seperti membongkar motorfan indoor tersebut dan melakukan pengecekan pada setiap jalur kabelnya dan hal ini perlu dilakukan oleh teknisi.

selain itu kerusakan pada PCB juga bisa menyebabkan kode ini terjadi. jadi perlu dipastikan dahulu dengan mengecek motorfan nya dan mengecek nilai kapasitornya jika semua masih bagus kemungkinan besar kerusakan ada pada PCB atau modulnya.

Posting Komentar untuk "Penyebab ac sanken E3"

close