Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode error EC di ac beko

penyebab kode ec ac beko,cara mengatasi kode ec ac beko


Hallo semua sobat pembaca dimanapun berada. artikel kali ini saya ingin membahas tentang kode ec di ac beko.

AC beko merupakan pendatang baru yang mengeluarkan mesin pendingin dan alat elektronik rumah tangga seperti ac, kulkas, mesin cuci, dispenser dll. AC beko pun dalam segi teknologi dan fitur mampu bersaing dengan ac merk lain. salah satu fitur di ac beko adalah fitur self diagnosis.

fitur self diagnosis merupakan fitur pada ac yang ketika ac mengalami kerusakan atau ada part ac yang bekerja tidak normal maka ac akan otomatis mati sendiri dan menampilkan kode error. 

kode error ini menunjukan bagian dari ac yang bekerja tidak normal sehingga memudahkan teknisi dalam melakukan pengecekan dan perbaikan. salah satu kode error yang sering terjadi adalah kode error EC ac beko.

Penyebab kode error EC di ac beko

Kode error ec ini terjadi karena thermistor atau sensor suhu dingin di ac tidak mendeteksi adanya hawa dingin di evaporator sehingga thermistor melakukan protec atau perlindungan menunjukan kode error EC tersebut. ada beberapa penyebab kode error ec ac beko ini diantaranya

1. freon kurang atau habis

freon yang kurang atau bahkan habis merupakan penyebab yang sering terjadi karena jika freon kurang atau habis maka ac tidak ada gas atau liqid yang bersirkulasi di evaporator sehingga thermistor tidak mendeteksi dingin.

2. unit ac kotor

ac yang kotor dapat juga menyebabkan kode ec ini dikarenakan udara dingin yang tidak terbuang sempurna atau bahkan jika outdoor ac sudah sangat kotor menyebabkan sirkulasi freon menjadi terhambat.

3. thermistor rusak

jika ac sudah dipastikan bersih dan tekanan freon bagus tapi masih muncul kode error ec, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan di thermistornya dengan mengukur nilai tahanan thermistor tersebut.

4. dingin di evaporator tidak merata

hal ini juga bisa menjadi penyebab kode error ec di ac beko karena evaporator yang dingin tidak merata dari atas sampai bawah. hal ini disebabkan oleh kurangnya freon atau adanya oli yang terjebak di evaporator yang harus di kuras terlebih dahulu

Cara mengatasi kode EC di ac beko

1. kalian bisa merestart ac anda dengan mencabut stop kontak selama 5 menit kemudian mencolokan kembali lalu nyalakan

2. jika kode ec masih muncul ulangi kembali langkah diatas dan lakukan pengecekan di outdoornya

3. cek apakah kompresor atau outdoor ac hidup, jika setelah ditunggu agak lama outdoor ac tidak hidup lakukan pengecekan pada thermistor di indoor ac

4. jika outdoor ac sudah hidup lakukan pengecekan pada tekanan freon dan ampere kompresornya

5. jika tekanan freon kurang kalian bisa menambahkan freon tersebut sesuai tekanan standard nya yaitu sekitar 150 - 160 psi. namun jika freon tersebut habis kemungkinan besar adanya kebocoran yang harus di cari terlebih dahulu baru kemudian di isikan kembali tapi sebelum di isi freon alangkah bagusnya melakukan proses vakum terlebih dahulu agar pendinginan sempurna nantinya


Posting Komentar untuk "Kode error EC di ac beko"

close