Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab ac yang tidak bisa diremote

penyebab ac tidak bisa di remote


Salah satu masalah yang kadang terjadi pada unit ac, yakni AC tidak bisa di remote. Baik untuk untuk menyalakan, mematikan maupun mengatur suhu temperatur.

Masalah seperti ini biasa terjadi tidak hanya pada AC tertentu, namun mencangkup keseluruhan jenis dan tipe, bisa AC Split Wall atau ac rumah hingga AC Cassette.

Jenis kerusakan seperti ini merupakan masalah umum yang biasa terjadi pada mesin pendingin udara. Penyebabnya bisa karena human error, keteledoran pengguna, atau bisa karena ada kerusakan komponen ac tersebut

Oleh karena itu, hal ini pun juga bisa terjadi dan tidak terpaku pada salah satu merek AC tertentu, melainkan bisa menimpa semua merek AC. Mulai dari brand AC ternama hingga merek-merek AC lain.

Walaupun begitu, kerusakan AC tidak bisa di remote bukanlah masalah yang serius, dan tidak diketahui penyebabnya. Kita masih dapat menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi hal ini terjadi.

Secara garis besar, penyebab ac tidak bisa diremote disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya pada poin-poin berikut ini.

Penyebab ac tidak bisa diremot

1. Daya yang tersimpan di dalam baterai remote habis

Seperti yang kita ketahui, umumnya sebuah remote kontrol dapat digunakan sebagai mana fungsinya, karena dengan adanya sebuah baterai.

Keberadaan baterai pada remote AC sangat penting, fungsi utamanya untuk menyalakan layar remote dan juga membantu menghubungkan sensor yang ada di remote dengan sensor yang berada di unit indoor.

Jika daya baterai ini habis, tentunya remote juga tidak bisa digunakan. Salah satunya cirinya, layar pada remote mulai redup atau bahkan tidak menunjukkan sebagaimana layar remote yang normal.

Oleh karena itu, jika AC Anda tidak bisa di remote secara tiba – tiba, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kondisi baterai remote tersebut, kemudian cobalah untuk menggantinya dengan baterai yang baru.

Umumnya remote AC menggunakan baterai yang berukuran A3 ( AAA ), yang mana bisa Anda dapatkan dengan mudah di warung atau pun minimarket.

2. Remote sudah rusak, sehingga sudah tidak digunakan

Salah satu ciri remote AC yang rusak adalah, terdapat bercak hitam di bagian layar. Ciri lainnya layar sudah bisa nyala walaupun baterai-nya sudah kita ganti.

Masalah lainnya ialah sensor infla red yang ada pada remote sudah tidak mampu untuk menghubungkan ke sensor yang di unit indoor. Jika ini terjadi, solusinya kita harus mengganti remote tersebut.

Remote AC yang original bisa Anda beli di sevice center sesuai dengan merek AC yang Anda gunakan. Atau bisa juga melalui Teknisi AC langganan Anda.

Jika pun terpaksa tidak ada yang original, mungkin karena sudah tidak diproduksi, Anda bisa menggunakan remote AC universal, yang tentunya mempunyai harga lebih murah dibanding dengan yang aslinya.

untuk remote ac universal anda harus mengatur kode nya terlebih dahulu agar sesuai dengan merk ac yang anda gunakan. untuk masing - masing kode remote ac universal silahkan membaca artikel di bawah ini

3. Sensor AC bermasalah atau tidak responsive

Kemungkinan penyebab AC tidak bisa di remote selanjutnya, yakni terdapat masalah pada sensor AC. Masalahnya bermacam – macam, diantaranya:

- Mata sensor terkena air. 

Hal ini biasanya terjadi setelah AC di cuci, kemudian AC menjadi tidak dapat dinyalakan menggunakan remote. Kemungkinan mata sensor yang di unit indoor terkena cipratan air sewaktu AC dibersihkan.

- Mata sensor tertutup cap unit indoor. 

Saat Anda membersihkan Anda, tentunya cap indoor Anda lepas. Jika sudah selesai lalu Anda pasang kembali, sering kali pemasangan cap indoor yang kurang tepat dapat menutup sensor AC. Alhasil antara sensor remote dengan sensor yang di unit indoor tidak connect.

- Socket sensor kendor.

 Penyambungan antara sensor dengan PCP modul biasanya menggunakan sistem socket. Walaupun sebenarnya ini tergolong kuat, kadang karena lamanya pemakaian membuatnya kendor atau longgar. Salain itu, adanya kotoran seperti debu atau partikel yang lain di dalam socket juga dapat menyebabkan sensor kurang responsive.

- Sensor sudah lemah. 

Ada kalanya sensor AC sudah lemah, sehingga sudah tidak resnponsive seperti sebelumnya. Hal ini biasa terjadi karena sensor sudah lama digunakan. Walau demikian, hal tersebut masih bisa kita atasi, yakni dengan menggantinya dengan yang baru.

4. PCB modul error, sehingga AC tidak bisa di remote

PCB modul merupakan komponen utama yang memiliki fungsi untuk mengontrol semua proses pendinginan yang terjadi pada unit air conditioner.

Termasuk juga dalam hal mematikan dan menyalakan AC menggunakan remote. Jika error terjadi pada modul ini, tentu masalah AC tidak bisa di remote juga bisa terjadi.

Penyebab PCB modul error pun sangat beragam, bisa karena terkena tegangan tinggi atau rendah ( voltase listrik tidak stabil ), terdapat komponen yang terbakar, juga tidak menutup kemungkinan terdapat kabel yang acak-acakan yang disebabkan di gigit tikus atau korsleting.

Untuk masalah yang satu ini tergolong cukup rumit, sehingga permeriksaan secara langsung sangat diperlukan. Dengan begitu, akan ketahuan secara lebih detail kerusakannya dan lebih tepat sasaran.

5. Thermistor bermasalah

Walaupun jarang, namun thermistor yang bermasalah bisa juga mengakibatkan AC tidak bisa dinyalakan atau pun dimatikan menggunakan remote. Fungsi utama thermistor sendiri sebagai otomatis pengatur suhu ruangan pada mesin pendingin udara.

Pada AC tertentu, kerusakan pada thermistor ditandai dengan lampu timer kedip-kedip, atau juga menimbulkan bunyi, sepeti “tuling, tuling, tuling”.

..dan dari pengalaman pribadi, setelah diganti thermistor-nya, AC kembali normal dan tentu remote bisa digunakan baik untuk menghidupkan dan mematikan AC, atau untuk mengatur fitur – fitur yang lain.

Nah, itulah beberapa kemungkinan yang biasa terjadi jika AC tidak bisa di remote. Walau pun sebenarnya kita masih bisa mematikan dan menghidupkan AC tanpa remote, namun keberadaan remote sangat penting. Terlebih untuk mengaktifkan fitur – fitur yang dibawa oleh AC tersebut.

yang memiliki masalah remote AC tidak bisa digunakan. Entah iku AC Daikin, Sharp, Panasonic, Gree, atau pun yang lain, saya rasa penyebabnya hampir mirip seperti yang ada di tulisan ini.


Posting Komentar untuk "Penyebab ac yang tidak bisa diremote"

close