Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi overload relay kulkas 1 pintu dan 2 pintu

fungsi overload relay kulkas,fungsi overload ptc kulkas


Fungsi Overload Kulkas Pada Sistem Kelistrikan – Dalam setiap peralatan elekronik tentu mempunyai komponen-komponen yang penting. Mulai dari komponen yang besar, sampai yang terkecil tidak jelas bila kita lihat dengan mata seperti hal nya dengan komponen kulkas

Sebagimana dengan kulkas, yaitu alat elektronik rumah tangga yang berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman, ini juga memiliki komponen kelistrikan yang saling berhubung antara komponen satu dengan yang lainnya.

Pengertian Relay Overload Pada Kulkas 1 pintu dan 2 pintu

Relay Overload adalah suatu komponen penting yang terdapat pada system refrigerator. Dalam hal ini tentu peralatan elektronik seperti kulkas, AC, Freezer dan sejenis mesin pendingin lainnya. Jika ditempat Anda pernah mengalami MCB listriknya sering jepret (turun), padahal daya listrik mencukupi untuk mengcover kebutuhan listrik satu rumah, mungkin ampere pada MCB ditempat Anda terlalu kecil dibanding dengan ampere peralatan elektronik di rumah Anda.

Pada relay overload, kurang lebih sama cara kerjanya dengan MCB. Bedanya, kalau fungsi overload pada kulkas 1 pintu maupun 2 pintu, serta sejenis mesin refrigerator lainnya, ini untuk pelindung kompresor dari kelebihan beban listrik.

Fungsi PTC dan Overload Kulkas 1 pintu dan 2 pintu

Overload ini terletak menempel langsung pada kompresor. Ada yang modelnya bisa dilepas serta memakai soket, ada juga yang model tanam yaitu langsung ditanam pada kompresor.

Untuk model yang hanya menempel ini, kita bisa saja untuk menggantinya jika terjadi kerusakan. Namun untuk yang model tanam tentu tidak bisa di ganti, tetapi biasanya jarang sekali rusak untuk yang model tanam.

Sampai disini, mungkin ada sebagian Anda yang bertanya kenapa letaknya harus menempel pada kompresor ? Kalau tidak, apakah mengakibatkan kerusakan ?

karena ini berfungsi untuk mengontrol temperatur kulkas yang jika ada kelebihan beban listrik yang tidak stabil. Jadi, jika suhu kompresor terlalu panas, maka overload akan memutus arus dan setelah mesin sudah dingin normal kembai, maka akan nyala lagi.

Jadi, jika overload terkena panas yang berlebih akan memutus arus, dan jika terkena dingin akan menyambung. Ini berarti kebalikannya daripada thermostat.

Sama dengan thermodis, kalau ini untuk kompresor sedang thermodis biaya untuk elemen panas. Seperti yang terdapat pada setrika, panas dispenser, dan sejenisnya.

Apa yang terjadi kalau kulkas tidak memakai overload ?

Tentu kompresor akan cepat rusak, karena tidak ada pelindungnya jika sewaktu-waktu terdapat arus listrik yang tidak stabil. Misalnya terkena tegangan tinggi. Serta juga bisa, mesin akan nyala terus menerus padahal termperatur pada kompresor sangat tinggi melebihi batas normal.

Ciri - ciri overload rusak

Kerusakan pada overload mungkin terjadi karena kontak bimetal terbuka. Ciri – ciri kerusakan pada overload adalah tegangan turun atau tidak sama sekali. Kontak bimetal tertutup pada saat kompressor dalam keadaan normal. Overload ada yang memakai pemanas, ada yang tidak memakai. Jika memakai pemanas, ketika motor tidak bisa start, pemanas didalam overloadmenjadi panas. Bimetal akan menerima panas ini sampai berlebihan sehingga bimetal membuka. Listrik kompresor tidak ada. Penyebab lain tetap membukanya kontak bimetal overload, yaitu tegangan terlalu tinggi atau rendah, relay atau stert kapasitor rusak, motor pada kompressor tiadak bisa start, tekanan pada sisi tinggi aliran bahan pendingin terlalu tinggi, klem terminal tidak kuat.

Penyebab overload kulkas rusak

Overload Keropos

Ini disebabkan karena sering terkena panas, kemudian menjadi putus. Sehingga membuat kompresor tidak bekerja karena tidak arus yang masuk ke kompresor terputus di overload tersebut.

Overload Kotor

Platina / bimetal kotor ini disebabkan bisa dari debu atau kotoran yang menempel, sehingga arus listrik terhambat tidak sampai pada kompresor, senhingga mengakibatkan mesin tidak nyala dan kulkas tidak dingin.

Platina Overload Tidak Berfungsi

Dalam hal ini biasaya disebabkan karena memang dari usia overload tersebut sudah lama. Mesin tetap akan bekerja terus walaupun dalam terperatur kompresor sangat tinggi dan tidak memperdulikan stabil atau tidak listrik yang masuk. Jadi, memakai overload, namun seperti tidak memakai.

Untuk harga relay overload itu sendiri bervariari, tergantung type dan ukurannya. Untuk lebih jelasnya bisa langsung hubungi kontak kami.

Kesimpulan

Jadi dalam komponen kulkas 1 pintu maupun 2 pintu, itu terdapat alat yang namanya relay overload. Ini yang berfungsi sebagai pelindung mesin untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada arus listrik yang masuk tidak stabil. Juga untuk menjaga mesin dari over temperature, jadi mesin kompresor masih bisa di selamatkan, dan yang rusak hanya overload tersebut.


Posting Komentar untuk "Fungsi overload relay kulkas 1 pintu dan 2 pintu"

close