Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi kode error H6 di AC GREE

Kode error H6 di ac gree


hallo sobat pembaca kali ini saya ingin berbagi informasi tentang permasalahan/kerusakan ac rumah. Penggunaan air conditioner untuk saat ini seperti sebuah kebutuhan dan sangat membantu menurunkan suhu ruangan yang dapat memberikan kenyamanan pada penggunanya.

namun ada saat nya ketika unit AC mengalami kerusakan tentu nya menjadi hal yang menjengkelkan bukan. dari sekian banyak kerusakan saya akan berbagi pengalaman tentang kode error ac gree yang error H6

kode error H6 di AC GREE

Error ini berhubungan dengan sensor kecepatan motor, micom mendeteksi bahwa motor tidak berputar, sensor pembaca kecepatan motor adalah De Effecto Hall yang ada di dalam motor, pembacaannya melalui magnet yang berputar pada sumbu rotor. Bila sensor ini bermasalah atau jalurnya bermasalah maka motor fan indoor akan berputar full speed (kecepatan penuh) kemudian muncul H6 di displai (atau led timer kedip-kedip bila tanpa displai) kemudian motor mati atau off. Pada beberapa modul bila H6 muncul maka modul harus direset dengan mencabut aliran listrik karena mematikan melalui remot tidak berhasil, ketika dihidupkan menggunakan remot H6 masih  akan tampil.

Sensor De Effecto Hall mungkin belum banyak di pasaran kalau di pasaran online tersedia, kita bisa juga memakai bekasan dari motor fan indoor lain. Bila kita mengganti motor fan indoor usahakan cari motor fan indoor yang sesuai kalaulah memang terpaksa menggantinya dengan motor yang berbeda atau dari merek lain kita harus perhatikan jalur kabel sensornya, di bodi motor biasanya ada petunjuk pengabelannya tetapi bila tidak ada memang agak merepotkan karena agak susah menentukan masing-masing mana yang 5V, Ground dan Outputnya, jalan satu-satunya adalah dengan membongkar motor pada bagian sensor Hall-nya. Cara menentukan kaki-kakinya adalah dengan posisi tulisan kode sensor menghadap kita, maka kaki kiri adalah 5V, kaki tengah adalah Ground dan kaki kanan adalah Output. Resiko apabila 5V dan Ground terbalik adalah sensor Hall akan rusak.

terkadang sering kami menemukan motor fan indoor yang seret putarannya disebabkan oleh semut yang masuk ke dalam motor fan sehingga sensor mendeteksi bahwa motor fan tidak berputar.

kode error ac gree H6


untuk kode error H6 ini fokuslah pada motorfan nya .


Posting Komentar untuk "Cara mengatasi kode error H6 di AC GREE"

close