penyebab listrik turun atau jepret saat ac dinyalakan

Kenapa Ketika Ac Di Hidupkan Selalu Turun Listrik Atau Jepret ?

penyebab listrik turun saat menghidupkan ac, penyebab listrik jepret saat ac hidup


Apakah anda pernah menghidupkan ac namun beberapa saat listrik di rumah anda anjlok atau jepret? Jika iya maka kemungkinan telah terjadi masalah pada bagian outdoor ac, biasanya kerusakan dipicu oleh kerusakan mesin kompresor.

Namun tidak harus kompresor juga, biar bagaimana pun dibutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh. Maka dari itu, percayalah bahwa masalah listrik anjlok karena AC pasti memiliki solusi. Tapi sebelum sampai ke tahap itu, sebaiknya identifikasi terlebih dahulu, alasan kenapa listrik bisa anjlok padahal Anda hanya menghidupkan AC. Simak beberapa kemungkinan ini, di sini. Dan berikut ini beberapa kemungkinan yang sering terjadi.

penyebab listrik turun atau anjlok saat ac hidup


1. Kompresor Rusak

Kompresor rusak di tandai dengan ampere yang sangat tinggi, ukuran ampere ini di atas batas normal, akibatnya maka akan memutus meteran rumah (anjlok). Jika anda menghidupkan ac dan ada jeda sedikit, biasanya beberapa saat dan pada saat indoor ac mengirim arus listrik ke outdoor, dan pada saat itu listrik rumah langsung turun, maka itu bisa saja disebabkan oleh kerusakan kompresor.

Untuk masalah ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan mesin kompresor, namun jangan buru-buru menvonis kompresor rusak. Walaupun kompresor tidak mau hidup bukan berarti kompresor rusak. Mungkin bisa overload protek atau kapasitornya. 

Untuk kerusakan kapasitor biasanya di tandai dengan kompresor yang menahan, bisa juga dilihat dari bentuk kapasitor kompresor yang menggelembung atau sudah mengeluarkan cairan.
Untuk overload protek biasanya kompresor mengalami mati total, kompresor tidak mau hidup sama sekali. Cek overload dibagian atas kompresor, jika overload rusak maka biasanya mengalami kerusakan fisik seperti agak hangus dan jika diukur dengan multy tester dengan skala ohm maka tidak konek.

Jika kapasitor dan overload protek sudah diganti namun kompresor tetap tidak mau menyala atau mungkin jepret, maka kemungkinan kompresor memang benar-benar sudah rusak.

2. Konsleting kabel

Kemungkinan lain yang biasanya membuat ac jepret adalah ada bagian kabel yang terkelupas sehingga menyebabkan arus pendek atau konsleting, ini merupakan hal yang cukup sering terjadi. Jika kawat kabel saling bersentuhan dengan kabel lainnya maka akan membuat listrik jepret.

Sebaiknya kamu melakukan pengecekan kabel dan soket secara menyeluruh, jika ada kabel yang terkelupas sebaiknya merapihkannya dengan menutup bagian yang terkelupas menggunakan isolasi listrik.

3. Dinamo motor fan atau kipas terbakar

Selajutnya adalah dinamo motor fan yang terbakar. Walaupun keluhan ini sangat jarang terjadi, namun beberapa kali ditemui. Biasanya motor dinamo fan menahan lalu lama kelamaan akan membuatnya terbakar. Dan biasanya jika sudah terbakar maka lilitan dinamo akan menyebabkan arus pendek, dan ini dapat memicu anjloknya listrik rumah. Sekali lagi, keluhan ini sangat jarang di temui.


4. Daya listrik rendah

Saat memasang instalasi listrik, Anda diminta untuk memilih berapa daya yang digunakan, bukan? Pun saat Anda memilih AC, Anda juga diminta untuk memiliki berapa PK yang digunakan, bukan? Daya listrik dan PK AC ini, keduanya saling berhubungan. Anda tidak bisa memilih AC dengan PK besar jika daya listrik rumah Anda kecil, sebab nanti listrik bisa turun tiba-tiba saat AC dinyalakan.

Tentu saja, alasanya karena daya listriknya terlalu kecil, sehingga tidak bisa mengoperasikan AC tersebut. Itu pun belum dihitung dengan barang elektronik lain yang sedang digunakan di dalam rumah. Pasti Anda tidak hanya memiliki AC saja. Perlu Anda ketahui, umumnya, untuk menggunakan 1 unit Ac dengan ukuran 1 PK, Anda membutuhkan daya sekitar 600-800 watt sendiri.

Jadi, jika Anda hanya memiliki daya listrik sebesar 900 watt, maka Anda hanya bisa menyalakan AC saja tanpa alat elektronik lain. Merepotkan, bukan? Makanya, Anda harus memperhatikan daya listrik di rumah sebelum memilih AC

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan ini, listrik turun atau anjlok ketika menghidupkan ac, sebaiknya untuk memeriksa beberapa komponen ac. Mulai dari kelistrikan, kabel, kompresor, motor fan outdoor dan kapasitor kompresor. Periksa juga bagian indoor, mungkin juga disanalah penyebabnya. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Baca Juga
LihatTutupKomentar