Penyebab bunga es muncul di pipa ac

penyebab bunga es muncul di pipa ac, penyebab pipa ac ada bunga es


salah satu kerusakan yang sering terjadi pada ac adalah munculnya bunga es pada pipa ac. ketika terjadi hal tersebut tentu ac tidak akan dingin bahkan hanya keluar angin saja. banyak faktor yang menyebabkan munculnya bunga es pada pipa ac, yuk simak penjelasannya.

Penyebab bunga es di pipa ac


1. unit ac kotor

salah satu penyebab bunga es di pipa ac adalah unit indoor atau outdoor ac yang sudah kotor. ini terjadi karena sirkulasi udara di indoor ac tidak maksimal sehingga hembusan udara dingin dari evaporator tidak bersirkulasi dengan sempurna dan menyebabkan terjadinya bunga es di pipa ac.

2. ac kurang freon

kurangnya freon pada ac ditandai juga dengan munculnya bunga es di pipa ac terutama pipa yang bagian kecil. ini terjadi akibat tekanan freon unit ac di bawah standard. perlu diketahui tekanan freon pada tiap ac berbeda - beda tergantung dari jenis freon yang dipakai seperti R32, R22 dan R410a. untuk masing - masing tekanan freon ac tersebut sobat bisa membaca artikel saya di bawah ini

3. pipa ac tertekuk atau bengkok

pipa ac yang tertekuk atau bengkok juga bisa menjadi penyebab munculnya bunga es di pipa ac, hal ini terjadi karena aliran freon yang melalui pipa ac tersebut menjadi tidak lancar dan menyebabkan salah satu dari pipa ac akan muncul bunga es.

4. blower fan indoor rusak atau lemah

sama halnya seperti poin yang pertama yaitu unit ac yang kotor, fungsi blower fan adalah untuk menghembuskan udara dingin ke ruangan. apabila blower fan ini rusak atau lemah putarannya tentunya hembusan udara dingin akan terhambat sehingga pipa ac akan beku es dan terkadang evaporator indoor juga akan mengalami blok es atau timbul es.

itulah beberapa penyebab munculnya bunga es pada pipa ac yang sering terjadi, semoga artikel ini bisa bermanfaat. salam dingin
Baca Juga
LihatTutupKomentar