mengatasi ac netes air di bagian indoor

penyebab ac bocor air, cara mengatasi ac bocor air

salam sejahtera sobat pembaca, terima kasih telah mampir ke sini saya doakan semoga semuanya sehat selalu.

artikel kali ini saya dapat dari berbagai sumber mengenai kerusakan yang sering terjadi pada ac yaitu ac bocor air di bagian indoornya. oh iya sebenarnya sih ini bukan kerusakan berat hanya kerusakan ringan yang terjadi pada unit Air conditioner/AC yang umum terjadi.

para pengguna air conditioner/AC pasti pernah mengalami kerusakan ac yang netes air ini. sebenarnya ac yang bocor air di indoornya ini akibat kurangnya perawatan unit ac tersebut. mungkin dari faktor lupa atau memang ac masih dingin.

ada beberapa penyebab ac bocor air yang sering terjadi, disini saya akan menjelaskannya yuk simak di bawah.

Penyebab ac bocor air di indoor

1. Tersumbatnya saluran pembuangan air

penyebab ac bocor air yang pertama yaitu karena tersumbatnya saluran pembuangan di indoor yang menuju selang pembuangan airnya. ketika ada kotoran yang menutup saluran pembuangan air di ac otomatis aliran air yang seharusnya mengalir ke selang air/water drain di ac akan terhambat, lama kelamaan air dari proses pendinginan ac akan makin banyak sehingga tidak tertampung di talang ac dan akhirnya air akan meluber dan mengalir ke bawah casing ac. inilah yang menyebabkan ac bocor air.

2. Tersumbatnya talang evaporator ac

penyebab ac netes air, cara mengatasi ac netes air


pada unit ac split terdapat 2 talang pembuangan yaitu talang depan yang tersambung ke selang pembuangan/water drain dan talang belakang yang berada di belakang evaporator ac. sering kali kejadian ketika ac walaupun sudah di cuci atau di service tapi ac masih bocor air padahal talang ac dan pembuangan lancar. 

nah disini biasanya terjadi sumbatan pada talang belakang ac, memang ketika melakukan service ac hanya evaporator dan talang depan saja yang bisa dibersihkan namun talang belakang jarang dibersihkan. untuk talang belakang ac ini jika mau di bersihkan harus di copot semua part ac nya mulai dari motorfan indoor, blower, modul dan evaporator biasanya ini di sebut overhoul indoor atau cuci besar indoor ac.

3. Terjadinya kondensasi pipa ac

cara mengatasi ac bocor air, penyebab ac bocor air
sumber gambar 99.co



hal ini juga menjadi salah satu penyebab ac netes air. kondensasi ini terjadi akibat busa atau armaplek ac sudah tipis sehingga tidak mampu menyerap air di pipa ac. biasanya terjadi pada pipa ac yang sudah lama dipakai, umumnya jika kondensasi ac terjadi tetesan air di ac tidak akan langsung terlihat ketika ac dinyalakan namun akan terlihat apabila ac dinyalakan lama sekitar 1 jam atau lebih

4. armaplek yang robek 

cara mengatasi ac bocor air, penyebab ac bocor air


untuk penyebab yang satu ini sangat jarang terjadi, seperti yang disebutkan di atas fungsi dari armaplek ini untuk menyerap air di pipa ac. apabila armaplek ini robek, air akan mengalir melalui celah - celah robekan tersebut yang lama kelamaan akan menetes sedikit demi sedikit.

5. ac mengembun di indoor

penyebab ac bocor air, cara mengatasi ac bocor air


ada juga beberapa kasus ac bocor air akibat ac yang mengembun. penyebab ac mengembun ini bisa disebabkan oleh faktor ruangan yang tidak sesuai dengan kapasitas ac atau bisa juga setting kipas blower pada indoor ac terlalu pelan sehingga hawa dingin pada ac tidak terbuang dengan sempurna dan menyebabkan pengembunan di ac.

6. Indoor ac yang blok es

hal ini pun sering terjadi dan menjadi salah satu penyebab bocor air di indoor ac. indoor ac yang blok es disebabkan oleh beberapa hal yaitu
  • freon ac kurang
  • motor fan indoor lemah
  • unit ac sangat kotor
  • hembusan blower ac pelan

Baca Juga
LihatTutupKomentar