-->

Penyebab kode error EC di ac sanken

kode error ec di ac sanken


hallo sobat - sobat pembaca terima kasih telah mampir disini saya doakan kita semua sehat selalu. artikel kali ini saya ingin mengulas mengenai munculnya kode EC di ac sanken.

perlu diketahui hampir semua merk dan tipe ac dilengkapi oleh teknologi self diagnosis. teknologi ini merupakan pemberi tahu jika ac anda dirumah sedang mengalami kerusakan. ketika ada part atau komponen dalam ac yang bekerja tidak normal maka akan tampilah kode error.

kode error ini berguna untuk para teknisi untuk menganalisa kerusakan dengan tepat sesuai dengan kode error yang di tampilkan. Setiap merk ac pun mempunyai kode error yang berbeda - beda seperti salah satunya kode error ec ac sanken ini.

kode error EC ini menunjukan bahwa thermistor coil tidak mendapat hawa dingin di evaporator. ketika thermistor ini tidak mendeteksi hawa dingin maka unit ac akan melakukan protec dengan cara ac akan tiba - tiba mati sendiri dan akan timbul kode error tersebut di display unitnya.

Penyebab kode error EC di ac sanken

Munculnya kode error EC ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti yang di sebutkan di atas bahwa kode ini muncul ketika thermistor tidak mendeteksi hawa dingin. 
  • adanya kebocoran freon/refrigrant
  • masalah pada sensor/thermistor
  • outdoor/kompresor mati
  • kerusakan pada PCB

Cara mengatasi kode error EC di ac sanken

1. matikan unit ac dan cabut colokan listriknya

Matikan ac dan cabut sumber listrik atau colokan listrik pada unit ac selama 3-5 menit lalu sambungkan/colokan kembali lalu perhatikan apakah kode error masih tampil, jika masih timbul kode EC lakukan langkah berikutnya

2. Cek bagian outdoornya

ketika ac dihidupkan cek pada bagian outdoornya apakah hidup atau tidak, pada bagian outdoor periksa lah pada bagian kompresor apakah hidup atau mati. terkadang kompresor mati dan hanya kipasnya saja yang hidup. untuk melakukan pemeriksaan kompresor harus menggunakan tang ampere untuk mengetahui apakah kompresor tersebut hidup atau mati, sebaiknya pada tahap ini panggilah teknisi untuk melakukan pengecekan lebih lanjut untuk kompresornya.

3. Periksa kebocoran refrigrant

setelah dipastikan bahwa bagian outdoor hidup dan kompresor bekerja lakukan pengecekan tekanan freonnya. jika ternyata freon tersebut kosong itu menandakan bahwa adanya kebocoran yang terjadi, entah dari indoor, pipa instalasi maupun bagian outdoor.

lakukan pengecekan pada setiap bagian ac tersebut, umumnya saat ac mengalami kebocoran freon ditandai dengan adanya oli di bagian yang bocor tersebut. setelah bocor di perbaiki lakukan proses pemvakuman terlebih dahulu sebelum mengisi ulang freonnya agar mesin menjadi awet dan pendinginan menjadi maksimal.

4. kerusakan pada thermistor

Thermitor pada ac split terdapat 2 buah yaitu thermistor suhu dan thermistor coil yang menempel pada evaporator. thermistor ini berfungsi sebagai pengontrol suhu ruangan yang di setting pada remote control. ketika suhu ac sudah sesuai dengan suhu yang di set pada remote, otomatis thermistor akan memutus arus ke outdoor dan akan menyalakan kembali ketika suhu kembali naik.

jika thermistor ini rusak atau error maka pembacaan suhu pada ac akan menjadi tidak menentu sebagai contoh ketika suhu ruangan belum tercapai tapi thermistor sudah memutus arus ke outdoor. biasanya outdoor akan mati - hidup, untuk mengetahui thermistor ini rusak atau tidak dengan melakukan pengukuran tahanan/nilai pada thermistor tersebut dengan multitester.

5. kerusakan pada PCB

jika setelah semua di cek dan dipastikan masih normal dan bagus tapi kode error tersebut masih muncul ini menandakan bahwa terjadi kerusakan pada komponen di PCB/ kerusakan pada PCB tersebut yang harus diganti bisa dengan PCB ori maupun saat ini sudah ada PCB multi/universal untuk semua merk ac non inverter.





Baca Juga
LihatTutupKomentar