penyebab ac yang tiba-tiba tidak dingin

penyebab ac tidak dingin

salam sobat semua semoga dalam keadaan yang sehat selalu di masa pandemi ini. artikel kali ini membahas tentang ac yang tiba - tiba tidak dingin padahal sebelumnya terasa dingin.

Tak bisa dipungkiri saat ini ac memang seperti menjadi sebuah kebutuhan untuk warga yang tinggal di kota-kota besar. berbagai macam merk ac di tawarkan oleh masing - masing brand juga saling bersaing dalam teknologi dan keunggulannya.

Namun sebagus apapun merk ac jika memang kurang perawatan pasti akan mengalami kerusakan, entah kerusakan ringan maupun berat.

ketika cuaca lagi panas - panasnya tiba - tiba ac menjadi tidak dingin pasti sebagai pengguna kebingungan apalagi yang punya bayi atau anak kecil jika suhu ruangan sedang panas pasti akan rewel. 

AC yang tidak dingin bisa disebabkan oleh beberapa hal, nah disini saya akan mengulas penyebab - penyebab ac rumah yang tidak dingin. yuk simak 

1. unit ac kotor

hal yang pertama adalah ac yang kotor, apakah kalian ingat kapan terakhir cleaning ac di rumah atau memang sudah tidak pernah cleaning ac nya ? perlu diketahui ac yang kotor juga mempengaruhi proses pendinginannya karena jika ac kotor debu akan menutupi evaporator ( indoor ) maupun kondensor (outdoor) sehingga sirkulasi udara menjadi terhambat.

2. pengaturan remote ac yang salah

kasus seperti ini kadang juga sering terjadi mungkin karena pengguna lupa ya hehehe. terkadang pada remote ac pengguna mengatur mode pada posisi fan yang artinya hanya kipas indoor saja yang hidup tapi outdoor mati. coba periksa dahulu pengaturan remote nya apakah sudah benar atau belum

3. freon kurang atau habis

freon ini merupakan gas yang bersirkulasi dari outdoor menuju indoor yang di pompa oleh kompresor. hawa dingin yang di keluarkan merupakan hasil sirkulasi freon tersebut, jika freon kurang atau bahkan habis berarti tidak ada gas yang di pompa oleh kompresor sehingga hawa dingin tidak akan terasa.

jika freon ac yang kurang biasanya ditandai dengan adanya bunga es pada pipa outdoor dan seharusnya untuk ac normal itu tidak akan ada bunga es pada pipa hanya ada pipa yang mengembun. namun jika freon kosong pipa tidak akan kelihatan mengembun atau berbunga es melainkan kering. pada tipe ac terbaru saat ini apabila unit ac kurang freon atau habis, unit ac akan tampil kode - kode error.

4. thermistor rusak/error

thermistor pada ac split terbagi menjadi 2 yaitu thermistor pipa (coil) dan thermistor suhu yang letaknya ada di indoor. thermistor ini berfungsi sebagai sensor otomatis pada ac yang sistem kerjanya ketika suhu ac tercapai maka thermistor ini akan memutus arus yang menuju outdoor dan akan menghidupkan kembali outdoor jika suhu sudah mulai naik. 

biasanya jika thermistor  ini rusak ditandai dengan outdoor yang mati hidup dan ada beberapa merk ac yang jika thermistor ini rusak maka ac tersebut otomatis mati sendiri dan akan berkedip-kedip lampu displaynya.

5. kompresor yang mati atau overheat

kompresor ini merupakan jantung dari mesin pendingin baik ac maupun kulkas. Jika kompresor ini mengalami kerusakan otomatis proses pendinginan tidak akan terjadi. ada beberapa kerusakan kompresor yang sering terjadi diantaranya

  • kompresor macet atau berdengung
kompresor macet sering di temukan di lapangan, ada yang bisa langsung diperbaiki ada juga yang sudah tidak terselamatkan. kerusakan kompresor yang macet atau berdengung bisa disebabkan oleh komponen pendukungnya seperti running kapasitor kompresor yang rusak atau dari bagian dalam kompresor yang sudah macet ( biasanya terjadi pada ac yang sudah berusia lama )

  • kompresor overheat
kerusakan kompresor seperti ini terjadi karena kompresor kepanasan atau overheating. di dalam kompresor terdapat overload yang berfungsi sebagai sensor pengaman yang apabila suhu kompresor sangat panas maka overload ini akan memutus arus listrik di kompresor.

kompresor overheat bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti menurunnya nilai running kapasitor kompresor, pipa kapiler yang tersumbat dan voltase yang tidak stabil selain itu juga bisa disebabkan oelh kondensor yang kotor sehingga panas dari kondensor tidak terbuang sempurna.

  • kompresor short body
jika kerusakan seperti ini kompresor tidak dapat diselamatkan dan harus di ganti dengan kompresor baru. kompresor short body berarti ada arus phasa dan netral yang saling conect jika di ukur dengan menggunakan multitester pada terminal kompresor. 

biasanya kompresor yang mengalami short body di tandai dengan listrik yang jepret atau turun saat ac dinyalakan.

itulah beberapa penyebab ac rumah yang tiba - tiba menjadi tidak dingin semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga
LihatTutupKomentar