cara mengatasi kompresor ac yang panas dan ampere tinggi

cara mengatasi kompresor ac yang panas


Bagian terpenting dalam sebuah mesin pendingin adalah kompresor karena dengan bekerja nya kompresor maka proses pendinginan akan terjadi. namun jika kompresor mengalami kerusakan dipastikan proses pendinginan tidak akan terjadi.

Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada kompresor diantaranya
  • kompresor overheat atau kompresor panas
  • kompresor naik ampere atau ampere tinggi
  • kompresor macet
  • kompresor short

diatas merupakan beberapa kerusakan yang sering di temukan di kompresor dan yang paling di temukan adalah kerusakan kompresor yang cepat panas atau overheat.

secara garis besar kompresor overheat adalah keadaan dimana suhu pada kompresor yang melebihi batas sehingga ampere di kompresor menjadi naik sehingga kompresor menjadi overheat. Pada kompresor ac split terdapat part yang berfungsi untuk memutus arus kompresor ketika kompresor mengalami ampere yang tinggi nama part ini adalah overload. 

NB. overload pada kompresor ac split berbeda - beda ukurannya tergantung dari kapasitas kompresor tersebut

pada artikel ini saya ingin berbagi sedikit informasi tentang penyebab kompresor yang panas/overheat dan bagaimana cara mengatasinya. ikuti langkah - langkah dibawah ya 

Penyebab kompresor ac panas/overheat dan cara mengatasinya

penyebab kompresor ac panas


1. voltase drop atau tidak stabil

salah satu penyebab kompresor yang overheat atau cepat panas adalah voltase yang drop yaitu voltase listrik yang di bawah 200 - 220v. karena jika voltase listrik di bawah 200 v menyebabkan kinerja kompresor menjadi berat dan menyebabkan kompresor menjadi cepat panas dan akhirnya overheat.

untuk mengukur voltase listrik nya kalian bisa menggunakan multitester pada skala volt dan menghubungkan kedua kabel multitester ke colokan listrik dan lihat lah berapa voltase yang ditampilkan.

untuk mengatasi voltase yang drop kalian bisa menggunakan stabilizer untuk menstabilkan voltase listriknya atau bisa menghubungi langsung PLN untuk memperbaiki voltase yang rendah tersebut.

2. Running kapasitor kompresor yang rusak atau nilainya berkurang

Running kapasitor kompresor ini berbentuk seperti tabung yang berfungsi sebagai starting untuk kompresor. kapasitor pada kompresor ac itu berbeda - beda nilai ( mikro ) tergantung dari kapasitas kompresor itu sendiri hampir sama seperti overload.

jika running kapasitor ini rusak bisa menyebabkan kompresor gagal starting ataupun jika nilai mikro farad nya berkurang dapat juga menyebabkan ampere kompresor menjadi tinggi dan meyebabkan kompresor overheat.

untuk mengetahui nilai kapasitor ini berkurang kalian bisa menggunakan kapasitor tester yang berfungsi untuk mengukur nilai mikro di kapasitor.

3. blower outdoor yang pelan/ kipas outdoor pelan

blower di outdoor berfungsi untuk membuang panas dari kondensor dan kompresor, jika blower ini mengalami kerusakan seperti mati atau berputarnya lambat atau pelan maka panas dari kondensor dan kompresor tidak akan terbuang sempurna. 

perlu diketahui pada bagian outdoor terdapat 2 kapasitor yaitu running kapasitor kompresor yang berfungsi untuk starting kompresor dan kapasitor fan yang berfungsi untuk menggerakan motorfan. umumnya kapasitor motorfan ini berukuran 2 mikro dan berbentuk kotak kecil.

4. oli kompresor yang sudah tidak bagus atau kering

Pelumas mempunyai tugas pokok untuk mencegah atau mengurangi keausan sebagai akibat dari kontak langsung antara dua permukaan logam yang saling bergesekan sehingga  keausan dapat dikurangi, besar tenaga yang diperlukan akibat gesekan dapat dikurangi dan panas yang ditimbulkan oleh gesekan pun akan berkurang. 

Minyak pelumas atau oli kompresor pada sistem AC berguna untuk melumasi bagian-bagian kompresor agar tidak cepat aus karena gesekan. Selain itu, minyak pelumas berfungsi meredam panas di bagian-bagian kompresor.

NB. ukuran oli kompresor berbeda - beda sesuai kapasitas dari kompresor

5. Pipa kapiler buntu atau tersumbat

Pipa kapiler ini berbentuk pipa kecil yang berada di outdoor ac. Pipa kapiler adalah suatu pipa pada mesin pendingin baik itu Air conditioner,kulkas dll. Pipa kapiler ini adalah pipa yang paling kecil jika di banding dengan pipa lainnya,

Kerusakan pada pipa kapiler di mesin pendingin ini biasanya di sebabkan karena pipa kapiler ini mengalami kebuntuan akibat kotoran yang masuk dan juga oli.

Pipa kapiler berfungsi sebagai alat untuk menurunkan tekanan, merubah bentuk dari gas menjadi bentuk cairan dan mengatur cairan refrigerant yang berasal dari pipa pipa kondensor. Sebelum gas refrigerant masuk melewati pipa kapiler terlebih dahulu harus melalui alat yang di sebut drien strainer yaitu saringan gas yang sudah terpasang dari pabrikan mesin pendingin. Fungsi dari drier stariner ialah menyaring dan menerap debu yang akan masuk ke ruang pipa kapiler dan ke jalur pipa yang menuju evaporator indoor.

itulah beberapa penyebab kompresor menjadi cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya agar ac kembali normal dan dingin. Kalian bisa mengecek setiap penyebab - penyebab diatas sebelum melakukan perbaikan.

Baca Juga
LihatTutupKomentar